Breaking News

Media Independen Online ( MIO Indonesia) Mengelar Rapat Kerja Nasional Ke 1 ( Rakernas ) Di Hotel Golden Boutique Jakarta Pusat


JAKARTA (05/06) || Jurnalismerahputih.com - Media Independen Online atau yang disingkat MIO Indonesia untuk pertama kalinya mengelar Rapat Kerja Nasional 1 (Rakernas) pasca Kongres pada tahun 2022 yang lalu bertempat di Hotel Golden Boutique Jakarta Pusat.

Rakernas yang pertama dilakukan oleh organisasi Pres tersebut rencananya akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut turut di mulai dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 6 Juni 2024 yang diikuti para pengurus dari tingkat DPP,DPW dan DPD yang ada di Indonesia yang dilaksanakan bertempat di Meeting Room Semanggi 1,Hotel Tavia Heritage, Jl.Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Pemukulan Gong mengawali Rakernas MIO yang pertama tersebut sebagai tanda dimulainya rakernas ke 1 Media Independen Online (MIO) Indonesia, oleh Indra Setiawan sebagai Salah satu Pendiri organisasi Media Independen Online (MIO) Indonesia yang didampingi para pengurus DPP, DPW dan DPD MIO dari seluruh Indonesia.

Dalam rakernas tersebut juga di laksanakan pengukuhan para pengurus DPP MIO untuk Periode tahun 2022 - 2027 yang sebelumnya sempat tertunda akibat Pandemi Covid 19, dalam struktur kepengurusan Pengurus Pusat MIO sebagai Ketua Umum tetap dipegang oleh AYS Prayogie sebagai Ketua Umum DPP MIO dan Frans X Watu sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Adapun struktur organisasi kepengurusan DPP MIO Indonesia Periode Tahun 2022-2027 antara lain sebagai berikut :

I. DEWAN PEMBINA :

1. Prof Dr. Eduard Omar Sharif Hiariej – Ketua

2. Anto Suroto, SE, SH, MM. – Wakil Ketua

3. Mayjen TNI (Pur) Asep Kuswani,M.Si,Han.

4. Maylana T.Koentjoro,SH.

5. Ir.Indra Setiawan

6. Donny Endrassanto,SH,MH.

7. DR.H.Burhan Bungin, M.Si, Ph.D, CIQaR, CIOnR.

8. H.Saimi Saleh, SH, MBA.

9. Saleh, SH, MBA.

II.DEWAN PENASEHAT:

1. Prof Budiharjo – Ketua

2. Dr. Juri Ardiantoro, SH – Wakil Ketua

3. Pitra Romadoni Nasution,SH,MH.

4. Irfan Januar,S.Psi.

5. Nicho Hezron,SH, MH.

6. Didi Methana, SE

7. Rully Rahadian

8. John Jonas

9. G,Borlak, S.Sos, MM

III.DEWAN PAKAR :

1. Taufik Rahman, S.Sos, SH. – Ketua

2. Prof. Dr. Ir. Ali Zum Mashar – Wakil Ketua

3. DR.H.Basa Alim Tualeka

4. Brigjen Pol. Dr.Victor Pudjiadi, SPb,FICS,DFM.

5. Lasman Siahaan, SH,MH.

6. Dr.H. Andi Budi Sulistijanto, SH, M.Ikom

7. Dr. Suherman Saji, S.Pd,MPd.

8. Joseph Hutabarat,SH,MH,

9. Joko Waluyo

10. Binsar Siagian, SH.

11. Marlon Brando, SE.

IV.DEWAN PENGAWAS

1. Aris Kuncoro

2. Abdul Syukur

3. Retty Astrid Esther.

V.PENGURUS

1. Ketua Umum : AYS Prayogie

2. Wakil Ketua Umum : Hadi Purwanto, S.H., M.H

3. Wakil Ketua Umum : Eko Wahyudi Sephartanto, S.T., MBA

4. Sekretaris Jenderal : Frans X.Watu

5. Wakil Sekretaris Jenderal : Susan Jane

6. Wakil Sekretaris Jenderal : M. Helmi Romdhoni

7. Wakil Sekretaris Jenderal : Yosef Minar, SH.

8. Wakil Sekretaris Jenderal : Didik Haryanto

9. Bendahara Umum : Siti Rochania

10. Wakil Bendahara Umum : Moh. Hariyadi, SH.

11. Wakil Bendahara Umum : ikin Roki’in, SE, MM.

DIVISI :

1. Organisasi dan Keanggotaan :

Ketua : Akhmad Muna Sah

Sekretaris : Bambang Sulistyo Nugroho, S.Kom.

Anggota : Nurdin Longgari, SH.

2. Pendataan Anggota dan Verifikasi.

Ketua : Syubhan Akib

Sekretaris : Andi Nirwansyah

Anggota : Didit Sandra Ahustia

3. Hukum dan Advokasi.

Ketua : Aswin E.Siregar, SH,MH,CTL.

Sekretaris : Sri Hastuti,SH,MH.

Anggota : Yanri Sinlanloe, SH, Lukman Wijaya, SE., MM.

4. Hubungan Antar Masyarakat

Ketua : Rendi Nugroho Mamesah

Sekretaris : Yulin Queljou

Anggota : Ronaldo Wagalebo,SE., Cardy Santoso, Bananah

5. Hubunga Antar Lembaga.

Ketua : Jasmin Rubaya

Sekretaris : Yudi Kertajuma

Anggota : Wendy Roy Taroreh, S.T.

(zar/Humas MIO)

Acara seremonial Rakernas Ke 1 tersebut sebelumnya juga diisi dengan sambutan sambutan, Kemudian dilanjutkan dengan Penandatanganan MOU antara MIO dan Management Hotel 

Hotel Tavia Heritage.

Dalam wacananya rakernas pertama MIO tersebut akan di bahas berbagai progam program MIO kedepan yang salah satunya mengangkat permasalahan kesejahteraan bagi Anggota yang tergabung di Organisasi Media Independen Online (MIO) Indonesia, Dalam rakernas tersebut juga menyoroti berbagai isu strategis terkait peran media dalam menyongsong Indonesia Emas, perlu penguatan literasi digital, peningkatan kualitas jurnalisme, serta kolaborasi antar media untuk memerangi hoaks dan disinformasi.

Pada rakernas tersebut selain dihadiri oleh para pengurus Pusat juga di hadiri oleh Para Pendiri, Dewan Pakar,dan Dewan Pembina termasuk Perwakilan Pengurus Wilayah (DPW) dan Pengurus Daerah (DPD) yang ada di Nusantara, dan salah satunya dari tuan rumah tempat di selenggarakan nya Rakernas tersebut yaitu DPW DK Jakarta.

Ir. Agung Karang yg usulannya diterima oleh peserta Rakernas 1 sebagai Rekomendasi dimana Agung Karang mengatakan " Dengan maraknya di media sosial masalah Korupsi yg viral maka MIO INDONESIA merekomendasi Hukuman mati bagi para koruptor " ucap Ir.Agung karang.

Ketua Umum MIO, Ays Prayogie dalam sambutannya menekankan peran krusial media dalam mendukung pembangunan bangsa.

“Media bukan hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai pengawal demokrasi, penegak kebenaran, dan agen perubahan. Di tengah dinamika global dan tantangan digitalisasi, media harus mampu menjadi pilar yang kokoh bagi bangsa ini,”bebernya.

Sedangkan ditempat yang sama Wakil Ketua Dewan Pembina MIO Anto Suroto,SE,SH,MH ke awak menyampaikan.

"Rakernas ini merupakan wujud nyata untuk program program yang akan dilaksanakan mengemban atau kita membuat salah satu Fungsi memajukan Indonesia.Maka Rakernas ini lah maju dan mundurnya kita pemilik media dan para staf atau jurnalis untuk memiliki standar untuk media media maju yang harus memiliki independen,profesional dan bertanggung jawab baik itu media online maupun offline.Karena sekarang majalah majalah yang tersisihkan,inilah yang kita perlu tekankan untuk menjadi indonesia maju."jelas Anto Suroto.

"Kita membutuhkan insan insan media yang cukup profesional mungkin seperti itu diadakan raker mio yang pertama ini.Satu untuk pemerintah gimana rekan rekan media ini tidak di anggap sebelah mata,seperti media,pengacara memiliki kesetaraan untuk mendukung negara yang lebih maju."imbuhnya lagi.

Ketua MIO DPW DK Jakarta Ir.Agung Karang yang merupakan tempat diselenggarakannya Rakernas tersebut mengatakan.

"Pada hari ini saya mengikuti rakernas pertama MIO indonesia khusus dari DKI Jakarta membawa 60 orang,ingin mensukseskan terlaksananya raker ini dengan baik nanti beberapa usulan dimana yang pertama bagaimana untuk mensejahterakan anggota MIO yang kedua bagaimana kita akan menolak UU baru yang dimana melarang adanya investigasi yang ketiga dimana kita ingin merekomendasi kita ingin mencetuskan bahwa MIO indonesia akan selalu mendukung cinta NKRI sehingga masalah masalah yang ada di papua bisa teratasi dengan baik dan kembali aman seperti semula dan usulan yang terakhir adalah hukuman mati bagi koruptor karena akhir akhir ini mengenai korupsi timah 271 T ,akhirnya dikoreksi menjadi 300 T sehingga korupsi tidak ada habisnya maka kita MIO ingin mengusulkan hukuman mati bagi koruptor.Mudah mudahan berjalan dengan lancar dan aman Rakernas ini."ucap Ir.Agung Karang Ke awak Media.

Dom Urbon yang merupakan Tokoh Papua yang sengaja datang sebagai tamu undangan kepada awak menyampaikan sudut pandangannya mengenai terselenggaranya Rakernas Ke 1 Media Independen Online (MIO) Indonesia tersebut.

"Kita jauh datang dari papua untuk memberi dukungan moril memberikan spirit supaya rakernas pertama dari media independen oline indonesia ini bisa maju juga bisa menjadi perekat penguat pilar bangsa untuk menuju indonesia emas itu yang kita harapkan.Media online independen indonesia juga bisa menjadi pemersatu untuk semua media media online online di indonesia agar dapat berkembang menjadi satu kekuatan bagi pembagunan bangsa dan negara itu yang kita harapkan.Juga sebagai kontrol publik bagi masyarakat untuk kebijakan pembangunan politik,ekonomi sosial budaya dalam rangka membangun kebhinekaan bangsa kita yang begitu hebat NKRI yang bersatu."tandasnya.

Setelah sesi Foto bersama dilanjutkan dengan hiburan musik organ tunggal. 

(Red / Jmp)

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH