Breaking News

Momentum Idul Adha 1445 Hijriyah , Dandim Nugraha Ajak Prajurit Dan Masyarakat Peka Terhadap Berbagai Situasi Sosial

MUARA ENIM -SUM SEL(17/06)|| Jurnalismerahputih.com - Komandan Kodim 0404/ Muara Enim , Letkol Inf Nugraha SH MIP mengajak segenap personil Kodim serta masyarakat khususnya di wilayah teritorial kabupaten Muara Enim , Kabupaten PALI dan Kota Prabumulih Sumatera Selatan agar momentum perayaan Idul Adha 1445 Hijriyah yang bertepatan dengan Senin (17/6/2024) bukan hanya sebagai ibadah keagamaan namun juga hendaknya dimaknai dengan kepekaan terhadap beragamnya situasi sosial kemanusiaan.

Sebagai pemahaman konteks hikmah 10 Dzulhijjah 1445 Hijriyah yang bermula dari napak tilas keihklasan yang ditunjukan oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS 

Azas kepatuhan yang disertai dengan keihklasan dalam melaksanakan perintah Allah SWT menjadi rujukan ibadah qurban dalam ibadah Idul Adha.


Hakikat dari ibadah qurban yaitu untuk mengukur sejauh mana keimanan seorang hamba kepada Allah, sejauh mana kepasrahan hamba itu, sejauh mana ketaatan hamba itu kepada-Nya, serta sejauh mana kesabaran dan keikhlasannya dalam menjalani perintah Allah 'Azza wa Jalla...

Hakikat dari ibadah qurban yaitu agar hamba tidak terlalu mencintai dunia sehingga melebihi cintanya kepada Allah. Karena cinta dunia, cinta harta, nafsu, syahwat dan cinta semu lainnya akan senantiasa menghalangi seorang hamba untuk taat kepada Allah. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :

"Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya untuk mencari keridhaan Allah. Dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya."

(Al-Baqarah ayat 207) 

Barangsiapa yang ingin mengetahui bagaimana kedudukannya di sisi Allah, maka dia pun harus melihat bagaimana kedudukan Allah pada dirinya.

Dalam pelaksanaan perayaan Idul Adha 1445 Hijriyah tahun ini , Dandim Nugraha juga menyerahkan dua ekor sapi sebagai hewan qurban yang dibagikan kepada masyarakat dan merupakan perwujudan sikap saling berbagi , mempererat silaturahmi serta meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

" Selamat hari raya idul adha 1445 Hijriyah , mohon maaf lahir dan batin serta pererat silaturahmi dan juga ketaqwaan terhadap Allah SWT ," Pungkas Komandan Kodim 0404/ Muara Enim , Letkol Inf Nugraha SH MIP

( Fikri/Jmp)

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH