Breaking News

Puskesmas Sumaja Makmur Gelar Pelatihan dan Sumulasi Damkar

MUARA ENIM SUMATERA SELATAN|| 

JurnalistMerahPutih.com 

Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Sumaja Makmur Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim menggelar pelatihan dan simulasi pemadam kebakaran yang menghadirkan langsung dari dinas kebakaran Kabupaten Muara Enim.

Tak dipungkiri fasilitas publik yang sering diakses masyarakat juga memiliki potensi ancaman bencana, termasuk puskesmas desa. Perlu dilakukan paningkatan kapasitas dalam kebencanaan untuk meminimalisir risiko yang dapat ditimbulkan dari sebuah bencana. Maka peningkatan pemahaman berupa kegiatan sosialisasi dan simulasi perlu dilakukan.

Pada hari kamis (26/10/2023) telah dilakukan sosialisasi dan simulasi kebakaran bagi tenaga Kesehatan Puskesmas Sumaja Makmur oleh tim Damkar Kabupaten Muara Enim. Kegiatan dimulai dengan penyampaian materi tentang bahaya kebakaran baik di kantor maupun rumah tangga, penanganan bencana kebakaran dan pengenalan macam alat pemadam.

Kegiaatan peningkatan kapasitas tidak hanya sebatas teori di pertemuan ruang. Maka kegiatan dilanjutkan dengan simulasi kejadian bencana dan praktek pemadaman api. Sesuai rencana, tenaga Kesehatan dan pegawai lain Puskesmas Sumaja Makmur mensimulasikan kejadian bencana kebakaran sesuai dengan arahan dan kaidah penyelamatan diri dalam situasi darurat kebakaran. Selanjutnya praktek pemadaman api menggunakan APAR.

Pelaksana tugas Kepala Puskesmas Sumaja Makmur Rahmadini AM Keb melalui PJ Pokja Admin Andriyansyah, SKM mengucapkan terimakasih dan selamat datang, kami berharap agar pihak Dinas Damkar memberikan pencerahan sekaligus menangani bahaya damkar. Serta penggunaaan Alat pemadam api ringan (Apar). Menurutnya ini sangat penting dan di perlukan agar para staf bisa menanganinya. 

Kita juga sudah ada SK bagian Septy damkar yang ada di puskesmas ini, "ujarnya.

"Kami berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman pegawai Puskesmas Sumaja Makmur dalam hal bencana kebakaran. Mulai dari pengurangan risiko bencana sampai dengan penanganan kebakaran. Sehingga kedepan diharapakan mampu untuk bertindak secara mandiri dan kolektif dalam upaya penanganan bencana kebakaran dengan tepat, "pungkasnya.

Penyampaian materi pengarahan yang di pimpin oleh staf analis kebijakan muda bagian fungsional Yuli Sri Susanti, S. E dari dinas Damkar yang sekaligus mempraktekkan penggunaan Apar dan cara mengatasinya. Di lanjutkan simulasi kebakaran yang berlangsung di halaman Puskesmas Sumaja Makmur

Acara hikmat yang hadir seluruh staf dan bidan Puskesmas Sumaja Makmur. (Fikri/Jmp)

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH