Breaking News

Dandim 0432/BASEL Tapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan

BANGKA SELATAN

Jurnalismerahputih.com

Komandan kodim 0432/Bangka Selatan Letkol Inf Gani Rachman, S.I.P., M.Si. Hadiri Undangan Rapat Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan (Rakor Pakem) Tahun 2023  bertempat di Ruang Rapat Gunung Namak Sekretariat Daerah  Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab. Bangka Selatan Jl. Gunung Namak Kec.Toboali Kab. Bangka Selatan, Selasa (21/11/2023).

Hadir dlm kegiatan tersebut Bupati di wakili Plh. Sekda Hepi Nuranda, S.T., M.M. Kajari Bangka Selatan (Riama sihite, S.H), Dandim 0432/Bangka Selatan Letkol Inf Gani Rachman, S.I.P., M.Si., Kapolres Bangka Selatan di wakili Waka Polres Kompol Hary, Kaban Kesbangpol Evi Sastra, S.E., M.M., Korwil Binda Bangka Selatan Eddy Priyono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan  

H.Jamaluddin, S.Ag., Pasi Intel Kodim 0432/Bangka Selatan Letda Inf Minggu Marseno, Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Bangka Selatan Michell.T Tampubolon, S.H., M.H., Kepala Satuan Intelkam Polres Bangka Selatan Iptu. Juniarto, S.H., Ketua MUI Kabupaten Bangka Selatan H. Zahirin, S.H., Ketua FKUB Kabupaten Bangka Selatan beserta anggota Marsanti, S.E., Camat se-Kabupaten Bangka Selatan.

Dalam sambutannya Kajari Basel Risma, S.H., sebagaimana kita ketahui Negara Indonesia adalah Negara yang memiliki keanekaragaman dalam Suku, Agama, Ras, Antar Golongan akan tetapi perlu kita sadari bahwa Negara Indonesia memiliki Pancasila sebagai State Fundamental Norm atau Norma dasar Negara yang mana Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. 

Maka, asas kebebasan memeluk agama dan/atau kepercayaan harus di ikuti dengan asas toleransi dan mutual - Understanding antara pemeluk agama serta tidak  bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dan norma yang hidup di masyarakat. 

Pada momen kegiatan Rapat Kordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan (PAKEM) ini bertujuan untuk saling memberi maupun bertukar informasi terkait berbagai macam aliran kepercayaan dan keagamaan yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Selatan.

Tugas dan fungsi Tim koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran keagamaan dalam masyarakat (PAKEM) yang memiliki fungsi menyelenggarakan rapat baik secara berkala maupun sewaktu- waktu, sesuai kebutuhan menyelenggarakan pertemuan, konsultasi dengan instansi dan badan-badan lainnya yang dipandang perlu.

Tim koordinasi Pakem Kabupaten Bangka Selatan yang terdiri dari unsur Kejaksaan, Unsur Kepolisian, Unsur TNI, Unsur Kementrian Agama, Unsur Kesbangpol, Unsur Depdikbud, Unsur FKUB.

Saya mengharapkan kepada seluruh jajaran yang hadir dapat mengawasi dan melakukan deteksi dini terhadap aliran-aliran kepercayaan dan keagamaan yang terindikasi menimbulkan keresahan di masyarakat dan dapat membahayakan Masyarakat dan Negara. Ungkapnya 

Dilanjutkan Dandim 0432/Bangka Selatan, Letkol Inf Gani Rachman, S.I.P., M.Si.  Menambahkan Saya selaku bagian dari tim pakem Kab. Basel, dimana kegiatan ini sangatlah penting untuk kita semua dan negara kita.

Harapan kepada tim pakem ini bisa berfungsi dan berjalan dengan baik sesuai tupoksinya karena semua ini menyangkut dengan agama yang sangat sensitif serta juga toleransi antara umat beragama selalu terjaga dengan baik dan jangan ada intoleran terhadap aliran tertentu. Ungkapnya.

Semoga apa yang di harapkan dalam rapat ini ada solusi-solusi terbaik, sehingga dapat tercipta Kamtibmas yang baik di kabupaten Bangka Selatan ini. Tutupnya. [Arif/Jmp]

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH