Breaking News

Danrem 044/GAPO Terima Kunjungan Ketua IWO Sumsel "Dengan Niat Baik, Setiap Masalah Pasti Ada Solusi"

PALEMBANG

Jurnalismerahputih.com

Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhammad Thohir, S.Sos., M.M., menerima kunjungan silaturahmi Ketua IWO Sumsel Bapak Efran, bertempat di Ruang Kerja Danrem 044/Gapo, Jalan Jenderal Sudirman KM 4,5 Palembang, Senin (27/11/2023).

Saat menerima audensi Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Selatan di Makorem 044/Gapo, Danrem 044/Gapo mengatakan “Jika ada niat baik dalam diri seseorang maka ia akan mendapatkan solusi dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapinya. Niat baik adalah prinsip hidup saya dalam menjalankan tugas saya sebagai tentara”.

Menurut Pria yang pernah mengenyam pendidikan Pesantren ini, dalam hidup kita pastilah terjadi banyak masalah dan ujian. Terkadang kita merasa hidup begitu berat bahkan seolah tak pernah terlihat jalan keluar. Kita sudah lelah bertanya “apa-mengapa-bagaimana semua ini bisa terjadi”. Namun kata Danrem, niat baiknya selalu menjadi solusi dalam menyelesaikan setiap permasalahan didalam keluarga maupun tugasnya menjadi abdi negara.

Setiap saya menghadapi ujian dan cobaan pasti ada jalan keluarnya. Berniat dan berbuat baik untuk sesama adalah cara terbaik dalam mengatasi masalah kehidupan,” ungkap Danrem.

Selain itu, Danrem menceritakan bahwa dirinya sangat dekat dan kental sekali dengan kehidupan sosial dan budaya masyarakat di Sumatera Selatan. “Selama 26 tahun berkarir di militer, sejak berpangkat Letnan Dua, saya banyak mengemban tugas di daerah kabupaten/kota Sumatera Selatan. Kalau dihitung, hanya enam tahun saya bertugas diluar Prov. Sumsel,” terang Danrem.

Disisi lain Danrem menuturkan kiprahnya bersama para wartawan ketika ia ditempatkan di Sulawesi Utara pada tahun 2018, saat itu Kota Palu dilanda gempa bumi yang mengakibatkan bencana tsunami. Danrem mengatakan, pentingnya peran insan pers dan media dalam menyajikan informasi terkini dan teraktual terkait kondisi dilapangan. “Saya kumpulkan semua wartawan, Saya siapkan tenda dan jaringan internet agar para wartawan bisa bekerja untuk membuat berita aktual setiap harinya,” ujar Danrem.

Melalui audensi ini, Danrem berharap wartawan-wartawan IWO dapat mengambil perannya menyampaikan pesan kepada publik terkait program dan kegiatan Korem 044/Gapo dan Kodim jajaran. “Saya berharap agar IWO bisa menjadi mitra strategis Korem 044/Gapo agar tugas dan fungsi yang dijalankan oleh kami dapat dipahami masyarakat,” tutup Danrem.

Sementara itu, Ketua IWO Sumatera Selatan Efran menjelaskan tentang keberadaan IWO sebagai salah satu organisasi pers yang berdiri 11 tahun silam di Jakarta. Efran mengatakan IWO merupakan organisasi vertikal dimulai dari Pengurus Pusat di Jakarta, Pengurus Wilayah ditingkat Provinsi dan Pengurus Daerah ditingkat Kabupaten/Kota.

Efran mensosialisasikan tentang kepengurusan IWO Sumatera Selatan sebelum dan sejak ia menjabat sabagai Ketua. “IWO Sumsel itu berdiri sejak 2017 yang Ketuanya Sonny Kushardian hingga 2022, Saya adalah Ketua IWO Sumsel periode yang baru” kata Efran kepada Danrem, “Saya bersama seluruh pengurus dan anggota dilantik Ketua Umum Pengurus Pusat IWO di Graha Bina Praja Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada Selasa, 4 Juli 2023 silam”.

Efran juga menjelaskan bahwa IWO adalah sebuah organisasi tempat berkumpul wartawan-wartawan online. IWO merupakan perkumpulan yang berbadan hukum tetapi bukan bersifat profit.

Disisi lain Efran mengajak semua pihak, termasuk salah satunya Danrem untuk meneruskan cita-cita luhur yaitu menjaga peradaban pers, karena menurut Efran tanggung jawab menjaga peradaban pers tidak hanya diemban oleh wartawan. “Profesi kami adalah sebuah perjuangan, berjuang bagaimana peradaban pers harus tetap terjaga dan terpelihara keberlangsungannya,” tegas Efran. “Namun saya meyakini dengan pengalaman Pak Thohir yang sangat paham tentang keberadaan pers dan kerja jurnalistik, Pak Thohir pasti mendukung semua program dan kegiatan yang kami ajukan,” tutup Efran.

Dalam kesempatan itu, Danrem didampingi oleh Kapenrem 044/Gapo Kapten Arm Edi Hermanto dan Paur Prod Penrem 044/Gapo Letda Inf Eka. Sementara, Ketua IWO Sumsel hadir bersama Wakil Ketua Surono, Bendahara Yulie Afriyani dan anggota Hadi Susanto. [Arif]

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH