Breaking News

Evaluasi Logistik Kodam II/Swj, Fokus Hemat LTGA

PALEMBANG

Jurnalismerahputih.com

Menindaklanjuti perintah Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jendral TNI Maruli Simanjuntak, pada rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran Bidang Logistik Tahun Anggaran 2023, Kodam II/Swj membahas berbagai kegiatan prioritas diantaranya tentang penghematan Listrik Telepon Gas dan Air (LTGA).

Hal tersebut disampaikan Kapendam II/Sriwijaya, Kolonel Arh Saptarendra P, dalam rilisnya, Palembang, Sumsel, Jum'at (22/12/2023).

Kapendam mengungkapkan, dihadapkan dinamika dan kondisi wilayah satuan jajaran yang terpisah maka rapat evaluasi digelar baik secara langsung maupun virtual

"Diikuti oleh  Waaslog Kasdam II/Swj dan para Kasilog Korem serta para Kasilog Kodim jajaran Kodam II/Swj", kata Kolonel Sapta.

Lanjut Sapta katakan, tujuan rapat evaluasi tidak hanya mengukur keberhasilan dan pencapaian dari program kerja dan anggaran yang sedang berjalan tapi juga memonitor dan mengendalikan kegiatan prioritas yang sedang menjadi atensi pimpinan TNI AD maupun Mabes TNI, Kemhan dan Pemerintah.

"Yaitu dalam hal penghematan LTGA atau listrik, telepon, gas dan air," ujar Sapta

"Khususnya, saat ini Pangdam II/Swj (Mayjen TNI Yanuar Adil) menegaskan agar pengoptimalan penggunaan listrik dan air," imbuh Sapta.

Terkait hal itu, lanjut dia, saat evaluasi bidang logistik juga ditekankan kepada seluruh pejabat logistik agar listrik dan air di fasilitas dinas.

"Aslog Kasdam II/Swj, menegaskan agar setiap hari dilakukan pengawasan dan pengendalian penggunaan listrik dan air serta saat melibatkan petugas PLN dan PDAM agar didampingi," ujar Sapta.

Senada dengan dijelaskan Kapendam, terkait penghematan LTGA, Aslog Kasdam II/Swj menyampaikan bahwa seluruh jajarannya setiap hari harus menjalankan protap penghematan LTGA.

"Sebagaimana penekanan dari Mabesad, maka setiap hari AC dinyalakan jam 9 pagi dan pencahayaan memanfaatkan cahaya matahari serta mengoptimalkan sirkulasi udara  dari ventilasi," ujar Kol Inf Edison Sinabutar.

"Protap ini juga telah disosialisasikan ke seluruh dan wajib disampaikan ke personel dan keluarganya," pungkas Edison.

Selain LTGA, beberapa fokus lainnya yang menjadi pembahasan yaitu pengadaan melalui E-Katalog, proses hibah barang, proses E-Purchasing, penetapan status penggunaan BMN,  serta pemanfaatan aset dan PNBP.

"Termasuk juga masalah penerimaan bekal dari komando atas," pungkas Edison. [Red]

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH