Breaking News

Menumbuhkan Kesadaran Keselamatan saat dijalan sejak dini

 

MUARA ENIM

Jurnalismerahputih.com

Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Muara Enim Aiptu Dedi Mursalin bersama dua personel Polwan melakukan kegiatan "Polisi Sahabat Anak" di SD Negeri 1 dan TK Pertiwi Muara Enim. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan anak-anak mengenai keselamatan berlalu lintas dan jalan raya, mengajarkan mereka bagaimana menjadi warga negara yang taat hukum sejak usia dini, serta menanamkan rasa cinta terhadap Polisi dan Kepolisian pada umumnya. Kamis (07/12/2023).

Program “Sahabat Polisi Anak” bertujuan untuk membangun hubungan yang baik antara anak-anak dan Polisi sama pentingnya dengan mengajari mereka tentang peraturan lalu lintas. Ketika anak-anak didorong untuk berinteraksi dengan petugas Polisi, hal ini dapat membantu mengurangi kecenderungan mereka untuk melihat mereka sebagai sosok yang mengintimidasi. Sebaliknya, mereka dapat memandang Polisi sebagai teman dan figur otoritas yang selalu siap membantu.

Kapolres Muara Enim AKBP  Andi Supriadi SH SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Suwandi SH MSi mengatakan kegiatan “Polisi Sahabat Anak” dimaksudkan agar menyenangkan, menarik, dan mendidik. Program tersebut antara lain meliputi bincang-bincang interaktif, kegiatan simulasi lalu lintas, dan  materi edukasi tentang keselamatan lalu lintas. Tujuannya adalah untuk menjadikan pembelajaran keselamatan jalan raya menyenangkan dan mengasyikkan, sehingga anak-anak akan menantikan kegiatan-kegiatan di masa depan yang berkaitan dengan topik ini.

Kegiatan  “Polisi Sahabat Anak” diperlukan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab anak terhadap keselamatan lalu lintas. Melalui program-program seperti ini, Polisi dapat menanamkan Citra Positif di kalangan anak-anak, sehingga menciptakan hubungan yang lebih kuat antara Polisi dan masyarakat. 

Mengajari anak-anak tentang keselamatan di jalan hanyalah salah satu langkah untuk membina individu yang bertanggung jawab secara sosial dan berperilaku baik. Penting untuk menanamkan nilai-nilai ini sejak dini karena nilai-nilai ini membuka jalan menuju komunitas yang lebih aman dan bahagia. Tutup kasat lantas. [Fikri]

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH