Breaking News

Satu-Satunya di Dunia, STHM Gelar Lomba Moot Court Peradilan Militer Piala Bergilir Mahkamah Agung dan Piala Tetap Kasad Tahun 2023

JAKARTA

Jurnalismerahputih.com

Pembukaan lomba Moot Court Peradilan Militer yang memperebutkan piala bergilir Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Piala Tetap Kepala Staf Angkatan Darat Tahun 2023, ditandai dengan pemukulan gong oleh Perwakilan Ketua MA RI, Ketua Kamar Militer MA, Mayjen TNI Purn Dr. Burhan Dahlan, S.H., M.H., yang dilaksanakan di Lapangan Apel STHM, Jakarta. (Selasa, 12/12/2023).

Acara pembukaan Lomba Moot Court Peradilan Militer ini merupakan acara awal dari rangkaian Lomba Moot Court Peradilan Militer Tahun 2023 yang di ikuti oleh 18 Delegasi dari seluruh Indonesia, yang akan dilaksanakan selama empat hari ke depan. Acara Lomba Moot Court Peradilan Militer ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia bahkan di dunia. Perlombaan Pada Tahun 2023 ini  merupakan penyelenggaraan Kedua Lomba Moot Court Peradilan Militer yang diselenggaran oleh Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) Ditkumad.

Pada Sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) yang diwakili oleh Direktur Hukum TNI Angkatan Darat (Dirkumad), Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn., menyampaikan, "Tujuan utama diselenggarakannya kompetisi ini adalah untuk memperkenalkan kepada seluruh mahasiswa fakultas hukum di seluruh Indonesia mengenai keberadaan Peradilan Militer sebagai salah satu Pilar Kekuasaan Kehakiman yang berfungsi menyeimbangkan kepentingan hukum dan kepentingan pertahanan negara. Oleh karena itu, Mahkamah Agung RI dan TNI Angkatan Darat menaruh harapan besar kepada seluruh Peserta Kompetisi setelah kembali ke Kampus agar dapat menyebarkan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh dalam kegiatan ini kepada seluruh Mahasiswa lainnya dan menjadi bekal bagi para peserta agar dapat menjadi Kaum intelektual hukum di masa mendatang", ujarnya. 

Turut Hadir dalam Acara Pembukaan Moot Court Peradilan Militer STHM Tahun 2023 yaitu Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. Selaku Ketua Senat Dewan Guru Besar Sekolah Tinggi Hukum Militer(STHM), Dirkumad, Brigjen TNI Dr. Ateng Karsoma, S.H., M.Kn. yang Mewakili Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Ketua Mahkamah Agung RI yang diwakili oleh Ketua Kamar Militer MA RI, Mayjen TNI Purm Dr. Burhan Dahlan, S.H., M.H.,  Para Pejabat Tamu Undangan VIP, Pejabat Golongan IV STHM Ditkumad, serta Para Peserta Delegasi Mahasiswa Lomba Moot Court Peradilan Militer STHM Tahun 2023. (Pen STHM).

[Red]

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH