Breaking News

Akhir Pekan, Guru MI Madrasah Latih Siswa Upacara Bendera Rutin

JAMBE, TANGERANG (26/01) || jurnalismerahputih.com - Kemenag RI Prov.Banten,kec.Jambe,Tangerang Banten, Madrasah Ibtidaiyah (MI) MATAULHUDA , mempersiapkan Pelatiha  upacara Pengibaran Bendera dengan melatih petugas upacara. Latihan ini memang rutin dilakukan di hari sebelum pelaksanaan upacara. Latihan dilakukan di halaman sekolah  MI.Mitaulhuda ,Salimah Sukamanah pada  jumat , (26/01/2024).

Guru-guru MI Mitaulhuda  bekerja sama dalam melatih upacara ini, dipandu salah satu guru, Kepala Sekolah Aning Asroni S.Pdi. Petugas upacara diambil secara acak dan bergantian dari kelas IV, V, dan VI. Latihan ini meliputi: baris-berbaris, pembacaan teks, pembacaan janji siswa,  maupun menyanyikan lagu wajib dengan iringan musik. Sehingga pelaksanaan pengibaran bendera yang merupakan kegiatan inti dari upacara dapat berjalan dengan baik. 

"Latihan ini memang rutin dilakukan di hari sebelum pelaksanaan upacara. Latihan dilakukan di halaman Madrasah," MI.Mitaulhuda ucap  sapaan akrab Aning.

Kepala MI Mataulhuda,  Aning Asroni S.Pdi, menyampaikan upacara bendera di hari senin merupakan upacara yang diwajibkan bagi semua jenjang sekolah, dari tingkat dasar sampai tingkat atas. Hal ini karena upacara merupakan salah satu cara untuk menyadarkan siswa akan pentingnya Bhineka tunggal ika sejak dini. 

Baginya, upacara dapat mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan. Disamping itu, dengan melaksanakan upacara secara hikmat,  siswa dapat belajar untuk memimpin dan dipimpin serta dapat membiasakan siswa dengan kedisiplinan.

Dengan latihan yang serius, diharapkan pelaksanaan upacara akan berlangsung dengan hikmat, Lagu-lagu wajib yang dinyanyikan dengan semangat dan penuh penghayatan dapat membuat pelaksanaan upacara ini menjadi menarik," tutupnya"[Atong/jmp]
© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH