Breaking News

Rapat Koordinasi Bidang Datun Kejati Kepri Dengan Pemko Tanjungpinang, Perihal Percepatan Pembuatan Kartu Identitas Anak

TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU (13/03) || jurnalismerahputih.com - Kajati Kepri Dr. Rudi Margono, SH., MHum., didampingi Asdatun Kejati Kepri E.R Wiranto, SH., MH., Asintel Kejati Kepri Tengku Firdaus, SH., MH., Kajari Tanjungpinang Lanna Wanike Pasaribu, SH., MH., melaksanakan Rapat Koordinasi terkait Percepatan Pembuatan Kartu Identitas Anak di Tanjungpinang bersama Sekda Kota Tanjungpinang Zulhidayat, S.Hut., dan jajaran Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Rabu (13/03/2024).

Pembahasan pada Rapat Koordinasi ini menitikberatkan pada percepatan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) khususnya pada Kota Tanjungpinang. Demikian ujar Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Kepri, Denny Anteng Prakoso, SH., MH menjelaskan dalam keterangan tertulis singkatnya.


Merujuk pada data yang dimiliki Disdukcapil Kota Tanjungpinang masih terdapat 17.292 jiwa atau 27,6 % anak di Kota Tanjungpinang yang belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA), sehingga diperlukannya dukungan kerjasama dari Kejati Kepri dan Kejari Tanjungpinang melaui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) guna percepatan program penerbitan KIA ini. 


Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak, tujuan dari KIA adalah untuk melindungi hak konstitusional anak sebagai warga negara Indonesia. 


Meskipun secara fungsional sama dengan KTP-el, tetapi KIA tidak memiliki chip seperti KTP-el. 

KIA memiliki beberapa manfaat diantara lain, (1) melindungi pemenuhan hak anak, (2) menjamin akses sarana umum, (3) menjadi bukti identifikasi diri ketika anak mengalami peristiwa buruk,

Lebih lanjut, yang keempat (4) mencegah terjadinya perdagangan anak, dan (5) memudahkan anak mendapatkan akses pada pelayanan publik seperti pada bidang pendidikan, kesehatan, perbankan, transportasi, dan imigrasi.


Mengingat banyaknya manfaat dari penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk kepentingan anak, dari rapat koordinasi ini dilakukan upaya awal pencapaian target penyelesaian Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) pada bulan Maret tahun 2024 sekitar 1000 jiwa. [red/jmp]
© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH