Breaking News

Desa Pardomuan : Penyaluran BLT Dana Desa Tahap I Bulan Januari - Maret Tahun 2024

TAPTENG , SUMATERA UTARA (4/4/2024) || jurnalismerahputih.com || jurnalismerahputih.com - Desa Pardomuan Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng ) ,menyalurkan Bantuan langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2024 , sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN 2022 didesak agar direvisi, terutama mengatur penggunaan dana desa. Perpres tersebut mengamanahkan pemerintah desa mengalokasikan 40 persen untuk bantuan langsung tunai (BLT). agar Desa Memberikan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa sebesar Rp. 300.000,- / KPM selama 12 Bulan ke depan. Kegiatan BLT DD ini, merupakan lanjutan dari Kegiatan BLT DD Tahun 2023 adapun target / sasasran KPM adalah sesuai dengan daftar yang sudah ditentukan bersama.

Kepala Desa Pardomuan (Hotmedi Simamora), saat di komfirmasih usai penyaluran BLT DD Tahap 1 tahun 2024 ini di kantor desa , Untuk Tahun 2024 ini adapun KPM penerima Sebanyak 45 KPM dengan masing-masing KPM menerima sebesar Rp. 900 ribu pr KK untuk dibulan 1,2 dan 3 tahun 2024, Harapan kami BLT DD tersebut dapat bermanfaat bagi penerimanya dan sedikit bisa meringankan beban KPM Penerima. Penyaluran BLT DD ini.

Kepala Desa Pardomuan, Hotmedi Simamora menjelaskan bahwa dibulan April 2024 masyarakatnya sudah menikmati bantuan tunai sebesar Rp900 ribu per KK.

Lanjut "Semua desa telah menerima Dana Desa untuk penyaluran BLT 3 Bulan. Kemudian untuk penyalurannya kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) ini tergantung jadwal masing-masing desa,  dan untuk Desa Pardomuan sendiri kita laksanakan kemarin di kantor desa," ujar Hotmedi pada wartawan Kamis (4/4/2024)

Hotmedi menambahkan, pencairan dana BLT DD yang sudah terjadwal akan memudahkan proses monitoring dan pelaporan.

“Bagi kami, hal ini tentunya memudahkan proses monitoring dan pelaporan. Tahun 2024 di desa kami ada sebanyak 45 KPM," ujar Kades .

Kades Pardomuan ini menyampaikan jika jumlah KPM selalu berubah dari tahun 2023 ke tahun 2024 ini, karena ada yang meninggal dan tidak memiliki ahli waris. Kebijakan penentuan KPM BLT DD adalah mereka yang belum menerima bantuan dari program lain. 

"Makanya jumlah KPM ditentukan melalui musdessus (musyawarah desa khusus) dan hasilnya terdapat 45 KPM di Pardomuan ini," katanya

Hotmedi berharap, pencairan  penyaluran serentak di bulan ini bisa dilanjutkan di bulan-bulan berikutnya. 

"Harapan kami tentunya ritme kerja seperti ini bisa kami pertahankan sehingga para KPM ini juga bisa menerima dan memanfaatkan BLT DD untuk pemenuhan kebutuhan sebagaimana mestinya," tandasnya.


Sementara itu, sejumlah kegiatan pemberdayaan lainnya telah dilaksanakan, mulai dari pemberian tambahan gizi bagi balita dengan susu kotak, dan Ibu Hamil, juga tambahan makanan bagi lansia, dan lainnya telah terlaksana dengan baik yang mana juga dari Dana Desa 2024 .

"Program penurunan angka stunting yang juga program prioritas pemerintah pusat hingga daerah termasuk desa kita ini telah kita jalankan, sesuai ketentuan yang ada," ujar Kepala Desa ini.

Berikut nama 45 orang warga desa yang menerima bantuan BLT tahap I ini adalah Rusdawati Gaja, Alisabdar Hutabarat, Nurida Mungkur, Jinur Situmorang, Lestiani Meha, Roslita Bagariang, Hasan Tumanggor, Patar Mungkur, Martiada Manullang, Amina Situmorang, Yutiani Zebua, Rapince Manullang, Aroziduhu Gulo, Sinta Manurung, Sermina Silaban, Katiu Gea, Fawaro Zega, Necci Sihite, Adrianus Gulo, Nurmaini Silalahi, Keccina Sigalingging, Narmani Simanjuntak, Almen Sigalingging, Obah Tumanggor, Artianna Situmorang, Renna Manalu, 

Made Simamora, Boi Purba, Jaminah Limbong, Risma Sinaga, Onike Limbong, Plora Sigalingging, Losia Simbolon, Ira Hartati Gorat, Ira Hartati Gorat, Tiarma Manullang, Ostina Purba, Ual Simbolon, Maharni Barasa, A. Simbolon, Iwan Simbolon, Linda Sigalingging, Dorlan Marbun, Remmi Simamora, Retima Purba. [Angel Nst/jmp]
© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH