Breaking News

Kades Bondar Sihudon II : Bangun Jalan Usaha Tani Gunakan Dana Desa Tahap I 2024


ANDAM DEWI , KABUPATEN TAPANULI TENGAH (TAPTENG) , SUMATERA UTARA (03/04/2024) || jurnalismerahputih.com - Pembangunan rabat beton Jalan Usaha Tani ( JUT) di Desa Bondar Sihudon II, Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapanuli Tengah . Dan pembagunan Jalan tersebut sepanjang 250 meter dan lebar 3 meter menggunakan Dana Desa (DD) Tahap I Tahun Anggaran 2024.

Kepala Desa Bondar Sihudon II, Marjono Manalu , katakan pada awak media (03/04/2024), jalan pertanian merupakan prasarana transportasi untuk memperlancar mobilitas pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian mereka seperti padi, ubi, sawit dan hasil tani lainnya dari lahan mereka menuju tempat penyimpanan.

" Pembangunan jalan ini di kerjakan oleh tenaga kerja dengan sistem padat karya yang melibatkan penduduk setempat," kata Marjono.

Ket Foto : Pembangunan Jalan Usaha Tani, Dusun II, Desa Sihudon, Kecamatan Andam Dewi, Tapanuli Tengah. [dok : angel/jmp]


Tujuan kegiatan Padat Karya itu untuk pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi warga setempat. 

Hingga hasil pekerjaan rabat beton yang dikerjakan masyarakat itu dipastikan baik, karena kualitasnya sesuai spek pengerjaan dan juga di peruntukan bagi warga Desa Bondar Sihudon II.

Marjono Manalu pun menambahkan dalam pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton di Desa mereka, tetap memperhatikan kualitas sesuai ditetapkan Pemerintah Pusat. 

Dan pembangunan ini disambut positif oleh masyarakat desa setempat. Jalan yang semula rusak dan langganan becek saat menghadapi musim penghujan, kini jalannya akan diperbaiki dengan menggunakan kontruksi rabat beton. 

Seperti Maslan Hasibuan warga setempat yang berprofesi sebagai petani sawit,  mengatakan bahwa jalan ini dulunya  seperti sungai kalau hujan, sehingga terkendala untuk mengangkut hasil tani, sebab jalan tersebut merupakan jalur satu-satunya menuju ke perkebunan milik warga Desa Bondar Sihudon II.

" Dengan pembangunan jalan ini bisa membantu dalam mengangkut hasil panen tanpa kendala, dengan jalannya sudah bagus dan tidak ada lagi yang dikhawatirkan banjir ataupun jalan berlumpur," ujar Maslan.

Warga Desa Bondar Sihudon II , ini juga bangga dengan adanya kucuran Dana Desa (DD) tahun 2024 ini, Pemerintah Desa bersama Masyarakat telah sepakat menganggarkan Rp210.000.000 juta (dua ratus sepuluh juta rupiah) untuk pekerjaan fisik ini, 

Dengan harapan kemajuan Desa kian meningkat baik dari segi perekonomian, pendidikan serta kesehatan masyarakat, ungkap warga desa.

(Angel Nst/jmp)
© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH