Breaking News

Pemerintah Desa Uratan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) 2024

TAPTENG , SUMATERA UTARA (4/4/2024) || jurnalis merah putih.com - Kamis, 4 April 2024 telah dilaksanakan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap Pertama 2024 oleh Pemerintah Desa Uratan, Kecamatan Andam Dewi , Kabupaten Tapanuli Tengah sebanyak 47 warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) . Kegiatan ini dilaksanakan sebagai program tindaklanjut dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa. 

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) adalah kegiatan pemberian bantuan langsung berupa dana tunai yang bersumber dari Dana Desa kepada keluarga penerima manfaat dan diputuskan melalui musyawarah Desa sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) saat ini  menerima bantuan sebesar Rp.900 ribu untuk Tahap pertama di bulan Januarin, Pebuari dan Maret , Kegiatan Penyaluran BLT DD berlangsung di Kantor Desa Uratan.

Saurlan Sinambela selaku Kepala Desa Uratan  berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga penerima manfaat serta meningkatkan ekonomi masyarakat sebagaimana yang diamanatkan oleh Pemerintah Pusat. 

"Saya berharap agar bantuan langsung tunai ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya guna menunjang perekonomian warga yang lebih baik lagi sesuai dengan amanat dari Pemerintah Pusat dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian dan sosial rumah tangga tepat sasaran," ujarnya.

Saurlan menegaskan bahwa sasaran penerima BLT Dana Desa ini bukanlah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Siswa Miskin (BSM), dan bantuan sejenis lainnya.

"Penerima BLT-DD ini dipilih melalui tahapan penentuan kelayakan. Kami berusaha mendata dengan teliti agar tidak ada penerima bansos ganda. Kita prioritaskan keluarga miskin," paparnya.

Kades Uratan ini juga menyebutkan sejumlah nama kriteria penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa adalah sebagai berikut :
a. keluarga miskin yang berdomisili di Desa Uratan ;
1.Amin Siregar 
2.Elmedia Sihotang
3.Lesteria Veletia Parapat
4.Nursia Pane
5.Radima Limbong
6.Markus Pasaribu
7. Roslian Rambe
8.Resmi Bondar
9.Rohani Manihuruk
10.Sarupa Malau
11.Rosintan Simatupang
12.Rosne Sitanggang
13.Dose Siringoringo
14.Roslina Simamora
15.Tutur Bondar
16.Mariani Simanjuntak
17.Sonti Tumanggor
18.Rantiaman Sihotang
19.Nurma Simanullang
20.Jaini Simamora
21.Rinne Sinambela
22.Resmi Marbun
23.Martiana Marbun
23.Mulia Hutapea 
24.Lesdina Simatupang
25.Naudut Simamora
26.Erden Sitanggang
27.Tiamsah Tanjung
28.Saiman Sianturi
29.Siti Asiyah Rambe
30.Banjir Bernadet Simanjuntak
31.Astiana Bondar
32.Ertini Sidabutar
33.Reminna Limbong
34.Hotma Sihotang
35.Jure Bondar
36.Tiome Sitanggang
37.Rintan Rambe
38.Manatap Sitorus
39.Rapinna Manullang 
40.Limbong Marbun
41.Liat Marbun
42.Senni Malau
43.Mastin Tambunan
45.Riada Habeahan
46.Lumban Sihombing
47.Ali Sempe Simamora

Pembagian bantuan sosial yang berasal dari dana desa tersebut diapresiasi warga. Salah satu penerima manfaat, warga Dusun 4, Desa Uratan, Kecamatan Andam Dewi, Sonti Br Tumanggor (76) ucapkan rasa terimakasih kepada Pemerintah khususnya kepada Pemdes Uratan.

"Merasa senang bisa menutupi kebutuhan dan sangat bermanfaat bagi saya, karena saya gak bisa kerja lagi. Terimakasih banyak kepada bapak Kepala Desa Uratan, sudah perhatian kepada saya dan warga desa Uratan," tuturnya singkat. 
[Angel Nst/Ben/jmp]
© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH