Breaking News

Diskop Kabupaten Muara Enim Akan Gandeng Bank Sumsel Babel, Dorong UMKM Desa Binaan TMMD 120 Kodim 0404/Muara Enim


MUARA ENIM -SUM SEL(28/05)||Jurnalismerahputih.com -Guna mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro dan sektor usaha kecil menengah , pemerintah kabupaten muara enim melalui Dinas Koperasi dan Satgas TMMD 120 Kodim 0404/Muara Enim Kodam II/Sriwijaya akan menggandeng Bank Sumsel Babel untuk menstimulasi pertumbuhan usaha kecil level pedesaan.

Berlangsung di Balai desa Fajar Indah dengan menghadirkan sejumlah narasumber,pelaku usaha dan satgas TMMD 120 Kodim 0404/Muara Enim.

Informasi yang disampaikan menyebutkan,bukan hanya melibatkan petugas penyuluh koperasi namun juga untuk mengembangkan potensi UMKM di tiga yang meliputi desa Sidomulyo,Desa Sumaja Makmur dan desa Fajar Indah kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan akan menggandeng pihak ketiga termasuk Bank BRI dan Bank Sumsel Babel untuk memfasilitasi modal usaha bagi masyarakat desa dan tentunya dengan kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi.

" Pendampingan usaha kecil bukan hanya melibatkan petugas penyuluhan perizinan halal bagi UMKM dan penyuluhan koperasi namun juga akan menggandeng pihak bank untuk meminimalisir kendala modal usaha ," Sebut Astuti Martayanti,SP,MM dari Diskop Kabupaten Muara Enim (Selasa 28/5/2024).

Sosialisasi materi UKM juga menyampaikan proses sertifikasi halal dan persyaratan pendaftaran sertifikasi yang harus dipenuhi.

Dalam gelar diskusi tersebut ,salah satu dari warga menanyakan tentang kode usaha makanan dan minuman dengan sistem online. 

"Contohnya untuk keripik itu kodenya diawali dengan kode 11 kalau untuk minuman diawali dengan kode 10 jadi nanti kalau bapak ibu nantinya akan mendaftarkan jenis usaha keripik, Kita cukup memakai nomor HP masukkan nomor HP kita akan dikasih kode aktivasi angka 6 digit dan angka yang terkirim di nomor WA kita nah 6 digit angka ini nanti yang akan kita gunakan sebagai kode verifikasi Nah setelah kode verifikasi muncul nanti kita nomor KTP kita nama kita tempat tanggal lahir dan seterusnya Setelah itu kita klik selesai Nah baru kita bisa terbitkan NIB nya dengan memasukkan kode baku," Beber Astuti Martayanti yang juga Kabid Pemberdayaan UMK Diskop Kabupaten Muara Enim.


Dalam kesempatan yang sama , Medi Karno selaku Kepala desa Fajar Indah mewakili masyarakat desa menyampaikan apreasiasi atas terselenggaranya sosialisasi dan diharapkan mampu membuka informasi awal untuk mendorong kemajuan usaha kecil di desanya.

" Alhamdulillah, beberapa makna positif dari kegiatan ini diantaranya pembekalan informasi bagaimana mengembangkan usaha desa dan masyarakat nantinya diharapkan mampu mengatasi kendala dalam mengembangkan sektor usaha kecil di wilayah desa," Sebut Kades Medi Karno.

Diakhir kegiatan, diskusi dan tanya jawab seputar usaha dari masyarakat desa binaan dan solusinya dibahas bersama dengan narasumber dan juga pemerintah desa setempat dan para pelaku usaha desa binaan TMMD 120 Kodim 0404/ Muara Enim.

Editor : Fikri/Jmp.

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH