Breaking News

Kejati Maluku Sosialisasi Program 'JAGA DESA' di Kecamatan Sirimau


AMBON, MALUKU (22/05) || jurnalismerahputih.com - Tim Penerangan Hukum (Penkum) Kejaksaan Tinggi Maluku menggelar sosialisasi Program Jaga Desa kepada para Kepala Pemerintahan Negeri dan perangkat negeri se-Kecamatan Sirimau bertempat di kantor Kecamatan, Sirimau, Kota Ambon, yang diselenggarakan Pada hari Rabu (22/05) sekitar pukul 13.00 Wit. Ambon 

Adapun, Kegiatan yang dimotori Plt. Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Maluku, Aizit P. Latuconsina SH, MH tersebut mengusung tema “Mengawal Dana Desa dan Alokasi Dana Desa untuk kemajuan ekonomi Desa”.
Plt. Kasi Penkum Kejati Maluku, Aizit P. Latuconsina yang membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya sampaikan, Program 'Jaga Desa' merupakan program Kejaksaan RI untuk mengawal Dana Desa dalam rangka Pengamanan Pembangunan Nasional. Lantaran, Dana Desa termasuk salah satu Program Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan oleh pemerintah. 

Ditambahkan dalam sambutannya, Kejaksaan Republik Indonesia sebagai Lembaga Pemerintah, turut hadir dalam mengawal pelaksanaan kegiatan Dana Desa melalui program JAGA DESA (Jaksa Garda Desa) dengan tujuan untuk memastikan kegiatan Dana Desa dapat berjalan tepat mutu, tepat sasaran dan tepat waktu melalui pengelolaan secara transparan dan akuntabel untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya penyimpangan.

Sekretaris Kecamatan Sirimau Kota Ambon Ricky Manuel, S.STP, MT mewakili Camat Sirimau dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada jajaran Kejati Maluku yang telah menggelar sosialisasi Jaga Desa kepada pemerintah negeri se-Kecamatan Sirimau, karena kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan negeri dalam pengelolaan dana desa.

Dalam kegiatan sosialisasi ini disajikan materi seputar Dana Desa dan Aset Desa yang disampaikan secara bergantian oleh narasumber Irvan Bilaleya, S.H (Kasi B Bidang Intelijen) dan M. Ruslan Marasabessy, S.H.,M.H (Kasi D Bidang Intelijen).

Sedangkan para kepala pemerintahan negeri yang hadir mengikuti kegiatan tersebut antara lain Dian Tamaela (Lurah Batu Gajah), Evand H. Tahapary (Lurah Ahusen), Yuyun Octavia (Lurah Amantelu), S. Akyuwen (Lurah Waihoka), Marlina Haupea (Lurah Rijali), Nuraisa A.S Tanasy (Lurah Karpan), Noril Yusuf (Lurah Honipopu), Ibu Siti (Perwakilan Kelurahan Batu Meja), H. Risakotta (Perwakilan Kelurahan Uritetu), HJ. Maruapey (Perwakilan Kelurahan Pankas), Ali Hatala (Raja Batu Merah), J.J. Muruany (Raja Hative Kecil), Melky Soplanit (Sekretaris Negeri Soya) dan J. Joris (Kepala Desa Galala).

Setelah selesai penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. 

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dimaksud dan berharap kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan karena sangat bermanfaat bagi para aparatur pemerintahan negeri. [red/jmp]
© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH