Breaking News

Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Kesehatan , Sasaran Nonfisik TMMD 120 Kodim 0404/Muara Enim

MUARA ENIM -SUM SEL(15/05) || Jurnalismerahputih.com 

Peningkatan derajat kesehatan masyarakat terutama di wilayah binaan teritorial Kodim 0404/ Muara Enim merupakan salah satu sasaran non fisik di bidang kesehatan yang merupakan salah satu progres capaian program (Rabu,15/5/2024)

Dalam keterangan tertulisnya, Komandan Kodim 0404/Muara Enim,Letkol Inf Nugraha SH MIP melalui Pendim satgas TMMD 120 menyampaikan materi kegiatan dengan menggandeng dinas terkait.

Materi pengenalan organ reproduksi dan kesehatan disampaikan pemateri dihadapan para warga masyarakat di lokasi kegiatan.

"Pengenalan organ reproduksi tadi berkaitan dan berkaitan erat dengan umur dan kontekstual ideal pernikahan untuk wanita 20 tahun minimal danuntuk pria 25 tahun.

Itu kenapa ,karena reproduksi wanita rahim wanita sudah siap untuk dibuahi dan sperma laki-laki sudah matang tapi untuk kesehatan reproduksinya ," papar Umilda Satria Bulandari,SKM dari penyuluh KB kabupaten muara enim.

Bukan hanya kesehatan reproduksi namun juga pengenalan penyakit menular termasuk deteksi dini HIV dan penyakit kelamin ( PMS) yang disebabkan oleh sumber penyebab dan faktor penggunaan jarum suntik.

" Banyak ruang lingkupnya dan kompleks sekali dari reproduksi benar tadi dari remaja calon pengantin kemudian kesehatan reproduksi pada ibu hamil sampai lansia untuk sekarang kita mencakup semuanya yaitu tentang reproduksi.

Pengenalan informasi infeksi menular seksual yang merupakan infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual terlihat pada gejala yang timbul Misalnya pada wanita itu nyeri saat kencing pada pinggul dan juga pengenalan penyakit kelamin lainnya yaitu HIV dan AIDS HIV yang merupakan kepanjangan dari Human Immunodefisiensi Virus

 Adalah virus yang menyerang kekebalan tubuh apabila virus ini sudah menyerang tubuh yang mengakibatkan menjadi lemah dan akan berpengaruh secara umum terhadap sistem kekebalan tubuh.

Dihadiri juga kepala desa Fajar Indah , Medi dan tenaga dari perwakilan puskesmas Sumaja Makmur,Dinas PPKB kabupaten muara enim serta warga masyarakat dan diselingi dialog interaktif berupa pertanyaan seputar info dunia kesehatan. 

Editor : Fikri/ Jmp.

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH