Breaking News

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera

TAPANULI TENGAH , SUMATERA UTARA (09/7) || jurnalismerahputih.com - Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam RI) memggelar Rapat koordinasi (Rakor) kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 Wilayah Sumatera.

Rakor yang dilaksanakan di Kota Medan, Sumatera Utara pagi pada hari Selasa, (9/7) secara resmi dibuka oleh Menko Polhukam RI, Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, di Wilayah Sumatera, yang dipusatkan di Regale Internasional Convention Centre Kota Medan.

Acara yang juga turut di hadiri oleh Mendagri RI Muhammad Tito Karnavian, Plt. Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin, S.Th.I, M.Si, Ketua Bawaslu RI Rahmad Bagja, SH, LL, M, Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, Asops Kapolri Irjen Pol Drs. Verdianto I Bitticaca, M.Hum, ada Pangkongabwilhan I Laksdya TNI Agus Hariadi, M.Han.


Menkopolhukam menyampaikan bahwa semua element harus bersinergi mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 ini.

"Kita sepakat bahwa seluruh komponen bangsa dan negara perlu menjaga Stabilitas Politik, Hukum, dan HAM dalam pelaksanaan Pilkada ini." Ungkapnya.

Menkpolhumkam juga menginginkan agar penyelenggara pelaksanaan Pilkada diantaranya KPU selaku penyelenggara dan Bawaslu, DKPP dan lembaga non-Bawaslu harus 'on the track' pada tugas dan fungsi kewenangan. 

Dia juga mengharapkan agar KPU juga harus bersikap Netral dan Berintegritas. Apalagi, Pilkada 2024 jadi sejarah. Sebab, pertama kali dilakukan Pilkada serentak di Indonesia.

Menurut nya Pemerintah Pusat dan Pemda berkewajiban memberikan dukungan dan memfasilitasi penyelenggaraannya. 

"Dukungan fasilitas tersebut berupa terciptanya ketentraman dan ketertiban umum menjamin ketersediaan anggaran," ujar Hadi.

Menanggapi beberapa hal yang disampaikan oleh Menkopolhukam terkait kesiapan dalam melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2024, Pj. Bupati Tapanuli Tengah Dr. Sugeng Riyanta, menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah sudah siap untuk mensukseskan Pilkada Serentak di Tahun 2024.

"Pemerintah Tapanuli Tengah siap mensukseskan Pilkada serentak ini, Pemkab akan tetap bersinergi dengan KPU, Bawaslu, TNI Polri. Dan juga pihak lainnya agar pilkada ini berjalan dengan lancar dan Sukses," ujar Sugeng pada awak media.

Dr Sugeng Riyanta juga yakin bahwa Pilkada ini berjalan sukses,

"seperti pada pelaksanaan Pemilu yang lalu juga terlaksana dengan sukses. Terkait dengan NPHD dengan pemberian Dana untuk Pilkada Kepada KPU, Bawaslu, TNI/Polri Pemkab Tapteng siap memfasilitasinya," tuturnya.

Pada kesempatan itu juga
 Pj. Bupati Tapteng berpesan dan menghimbau kepada semuanya untuk bersikap Netral, terutama kepada ASN, Kepala Desa serta perangkat desa untuk bersikap netral,

"Karena sudah ada instruksi Netralitas yang sudah saya sampaikan dulu dan masih berlaku hingga sekarang. Makanya saya ajak ASN, Kades dan Perangkat Desa jangan ikut ikutan berpolitik, biarlah pihak yang lain mengurusnya. Dan ASN, Kades serta Perangkat Desa cukup melayani masyarakat dengan baik, bekerja Profesional dan Berintegritas," tegasnya. 

(Red/A.Nst/jmp]
© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH