Breaking News

Latihan Interoperabilitas Penanganan Bencana, ASEX -01 Tumbuhkan Soliditas ASEAN

NATUNA, KAMIS (21/09) || jurnalismerahputih.com - Kegiatan Asean Solidarity Exercise (Asex -01) Natuna yang dibuka secara resmi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono  pada Selasa (19/9/23) kemarin, kini sejumlah kegiatan  bergeser ke Natuna. Kapal Perang Indonesia (KRI) dr. Radjiman Wedyodiningrat  yang membawa sejumlah materiil dan personel militer negara ASEAN ini telah tiba di Dermaga Sabang Mawang, Natuna, tepat pada pukul 07.15 WIB pada hari Kamis pagi (21/09/2023). 


Setelah KRI  Radijiman Wedyodiningrat berlabuh di Dermaga Sabang Mawang, kegiatan dilanjutkan presentasi kesehatan oleh peserta Asex 01-Natuna sebagai tukar pengalaman antar negara ASEAN dalam penanganan masalah kesehatan terhadap masyarakat yang terdampak bencana.


Latihan ini memberikan kesempatan negara peserta latihan untuk meningkatan kemampuan dan interoperabilitas dalam memberikan bantuan medis kepada sesama negara ASEAN yang terdampak bencana yang pada akhirnya akan menumbuhkan rasa saling peduli dan soliditas diantara negara kawasan. 


Pemaparan  tentang masalah kesehatan pada kegiatan Asex 01-Natuna tahun 2023 ini sebagai bagian dari tukar pengalaman dengan negara ASEAN untuk menambah wawasan dalam penerapan di lapangan, khususnya dalam menangani bencana yang terjadi di kawasan ASEAN. Pada presentasi Medical Capablities (Medcap) dari Indonesia dipaparkan  oleh Mayor Laut (K) Ronny Basirun Simatupang, S.Kep.Ns., M.Si (Han) dengan judul peran Kesehatan TNI dalam penanggulangan Bencana.

Sementara, dari negara Thailand dengan judul Medic Inteligence  oleh GP Capt Panuwat Momontin. Negara  Singapura  tentang prinsip umum dalam penanggulangan bencana   disampaikan oleg Capt dr Chong Yi dan Malaysia dipaparkan oleh Major  dr. Hafizul dengan judul peran kesehatan Royal Malaysia Navy dalam penanggulangan Bencana. [red/jmp]
© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH