Breaking News

Kembalikan Fungsi Lahan, Dandim Bangka Bersama Pemda Tanam Pohon Serentak Di Wilayah Bangka Belitung

SIMPANG KATIS || Untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi lahan sesuai dengan kemampuan. Kodim 0413/Bangka bersama Pemda Babel, melakukan penghijauan dengan penanaman bibit pohon di kawasan extambang dan lahan gundul di kaki bukit mangkol Kecamatan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (18/1/2024).

Penghijauan dilahan extambang dan lahan gundul bukit mangkol ini dilakukan guna untuk mengembalikan fungsi lahan di kawasan tersebut yang mana sebelumnya Dandim 0413/Bangka bersama jajaran telah melaksanakan peninjauan terhadap lahan-lahan yang perlu di rehabilitasi.

Dalam kesempatan Dandim 0413/Bangka Kolonel Arm Firstya Andrean Gitrias, S.H, M.M mengatakan, penghijauan itu dihajatkan sebagai upaya rehabilitasi lahan kritis dan lahan lainnya di kawasan hutan. Dengan maksud untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi lahan sesuai dengan kemampuan.

Untuk lahan dikaki bukit mangkol yang ditanam ada 1 hektar sedangkan yang lahan extambang timah seluas 4 hektar dengan 2.500 jenis bibit pohon yang ditanam seperti bibit pohon jambu mete, klengkeng jambu kristal, jambu cintra, mangga, rambutan ropiah, sawo yang ditanamkan.

“Penanaman bibit atau penghijauan ini harus kita laksanakan karena sangat banyak manfaatnya dan bisa mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor,” ujarnya.

Dia berharap kegiatan itu harus dilestarikan, agar hutan lebih asri dan tidak terjadi bencana alam, terutama di wilayah Bangka Tengah.

“Saya berharap semoga apa yang kita laksanakan pada pagi hari ini bisa bermanfaat dan buahnya dapat diambil oleh masyarakat,” tutup Dandim 0413/Bangka. [Red]

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH