Breaking News

Peduli Kesehatan, Pj.Ketua TP. PKK Ny. Ade Sugeng Riyanta Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Metode IVA

TAPANULI TAPTENG , SUMATERA UTARA (04/6) || jurnalismerahputih.com - Pj. Ketua TP. PKK Ny. Ade Sugeng Riyanta membuka Rapat Koordinasi dan Sosialisasi IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) untuk menangani kanker serviks dan payudara di Aula Kantor Kecamatan Badiri ,pada Senin (3/6) kemaren .

Dalam sambutannya, Ade Sugeng Riyanta mengungkapkan bahwa PKK Tapanuli Tengah akan mengikuti kegiatan lomba IVA Test tingkat Provinsi Sumatera Utara.

" Kegiatan yang kita lakukan hari ini dalam rangka Pembinaan Desa/Kelurahan oleh Tim Penggerak PKK Tapteng yang akan mengikuti lomba IVA Test tingkat Provinsi Sumatera Utara" ucapnya.

Ia ungkapkan bahwa Tapanuli Tengah akan kedatangan dan terima kunjungan Tim Monitoring PKK Provinsi Sumut untuk kegiatan tersebut.

"Beberapa bulan yang lalu tahap pertama' kita sudah lalui dengan kunjungan Tim Supervisi PKK Provinsi Sumatera Utara, dan tinggal menghitung hari tepatnya pada hari Kamis tanggal 13 Juni 2024 mendatang, kita akan mendapatkan Kunjungan Tim Monitoring PKK Provinsi Sumatera Utara tentang kegiatan lomba Kategori IVA Test, untuk itu Saya harap kerjasama dari kita semua, sehingga kegiatan monitoring dapat berjalan dengan sukses," paparnya.

Ny. Sugeng Riyanta berharap kerjasama dan peran aktif dari seluruh Aparatur Pemerintahan Pinangsori agar dapat mengharumkan nama Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Kepada Bapak dan Ibu Kepala Desa dan Lurah agar ikut berperan aktif dalam kegiatan ini, membantu Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan Badiri. Saya yakin, warga masyarakat Badiri sangat bisa diandalkan dan harapan kita semoga Kecamatan Badiri terpilih sebagai juara IVA Test di Tingkat Provinsi Sumatera Utara mengharumkan nama kabupaten Tapteng," harapnya. 

Ia katakan adapun tujuan dari IVA Test adalah kegiatan untuk mendeteksi dini kanker serviks atau kanker yang terdapat pada dinding leher rahim. 

"Kegiatan lomba kategori IVA Test ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker serviks, serta dengan deteksi dini melalui pemeriksaan PAP Smear atau IVA Test. Karena penyakit kanker leher rahim atau kanker serviks merupakan kanker terbanyak yang ditemukan oleh Yayasan Kanker Indonesia setelah penyakit kanker payudara," jelas Ade Riyanta.

Pj TP PKK ini mengajak kaum perempuan paham tentang bahaya kanker serviks dengan mengikuti metode IVA Test yang terbukti sangat efektif dalam menurunkan angka pengidap dan angka kematian oleh kanker serviks sebesar 85 persen. 

"Mari berantas kanker serviks dengan IVA test, demi peningkatan kesehatan kaum perempuan, khususnya di Kecamatan Badiri," ujarnya.

Kegiatan ini dirangkai dengan penyerahan bantuan dari TP PKK Kabupaten Tapteng berupa papan data PKK untuk Kecamatan Badiri, Cat dan Kuas, Spanduk seruan untuk giat IVA Test. 

Turut Hadir Camat Badiri, Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Badiri, Kepala Puskesmas Badiri, para Bidan dan Tenaga Kesehatan dan Ketua TP PKK Desa/Kelurahan se-Kecamatan Badiri. [Angel Nst/jmp]
© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH