Breaking News

Lat Pra Ops Mantap Brata Musi 2023, Persiapan Menghadapi Pemilu 2024 Polres Muara Enim

MUARA ENIM, SUMATRA SELATAN (19/10)|| Jurnalismerahputih.com - Kegiatan Lat Pra Ops Mantap Brata Musi 2023-2024 telah dilaksanakan di Ruang Rupatama Polres Muara Enim Kamis, (19/10/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh PJU, Kasi, Kasubag, Kanit, dan personel Polres Muara Enim sebagai peserta. 

Acara ini juga turut dihadiri oleh pemateri eksternal yaitu Sekretaris KPU Muara Enim, Bpk. Ramadhansyah, S.Ip., M.Si dan Komisioner Bawaslu Muara Enim, Bpk. Kemas Ali Akbar.


Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi SH SIK MH menekankan agar seluruh personil yang terlibat dalam operasi agar serius dan bertanggung jawab dalam operasi yang sedang berlangsung mulai hari ini, karena operasi Ops Mantap Brata Musi 2023 cukup panjang di banding dengan operasi Kepolisian lainnya, juga mengharapkan hasil dari operasi yang di laksanakan.


Kabagops Polres Muara Enim Kompol Toni Arman SH, menjabarkan tugasnya pada Ops Mantap Brata Musi tahun 2023, salah satunya tugas sebagai Karendalops yang diemban oleh Kabagops Polres Muara Enim. Kemudian, IPTU Cahya N. Minartama, S.Tr.K sebagai Kasat Intelkam Polres Muara Enim memberikan materi tentang tata cara pengamanan VIP.


Lebih lanjut, KPU Muara Enim diwakili oleh Kasek Ramadhansyah, S.Ip, M.Si menyampaikan tentang pengelolaan logistik Pemilu tahun 2024. Sedangkan, Komisioner Bawaslu Muara Enim Kms. M. Ali Akbar menyampaikan tentang tugas dan tanggung jawab Bawaslu dalam pencegahan, penindakan, dan pengawasan pada tingkat Bawaslu RI hingga PKD.


Dalam paparan berikutnya oleh IPTU Yulisman, SH KBO Reskrim Polres Muara Enim memberikan penjelasan tentang penegakan hukum tindak pidana pemilu, termasuk pelanggaran pidana, pelanggaran administrasi, dan pelanggaran kode etik. 

Untuk dari Sat Samapta yang di sampaikan IPTU Yeri Gunawan, KBO Sat Samapta Polres Muara Enim juga memberikan penjelasan mengenai SOP pengamanan dan pengawalan logistik Pemilu.


AKP Suwandi, Kasat Lantas Polres Muara Enim juga memberikan penjelasan mengenai pengawalan pendistribusian logistik Pemilu, dan Wakapolres Muara Enim Kompol CS Panjaitan, SE., MSi memberikan arahan dan pembulatan Latpra Ops Mantap Brata Musi 2023 tentang pentingnya sinergitas antara Polri dan penyelenggara Pemilu untuk menjaga situasi Kamtibmas agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.


Ditempat yang berbeda,  kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pengamanan dan pengawalan logistik Pemilu oleh anggota Sat Sabhara dan Sat Lantas serta simulasi pengawalan ketua KPU/Bawaslu oleh personil Sat Intelkam. [arif/jmp]

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH