Breaking News

Tradisi Berlimo - Limo Dilaksanakan sehari sebelum puasa Ramadhan 1445 H

TAPTENG , SUMATERA UTARA (11/03/2024) || jurnalismerahputih.com - Menyambut bulan suci Ramadhan yang menjadi tradisi Masyarakat Sibolga - Tapanuli (Tapteng) Balimo-limo atau Marpangir, sepertinya masih tetap mengakar kuat. Hal ini ditandai dengan banyaknya warga masyarakat yang mengunjungi sungai-sungai untuk mandi dan membersihkan diri.

Salah satunya sungai pondok bambu Hutanabolon Sigiring - Giring , Kabupaten Tapanuli Tengah , Disepanjang alur sungai, ratusan warga terlihat menggelar acara balimo-limo, yang menjadi kegiatan tahunan untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1445H.Senen 11/03/2024).

Sembari mandi dan membersihkan diri serta pengunjung menikmati indahnya bebatuan yang berada di sekitaran sungai. Untuk memberikan kenyamanan warga yang berkunjung.

Opung Pian (56), warga Sibuluhan Nauli Indah ini mengatakan "Setiap Tahunnya kami mendatangin Sungai Hutanabolon menjelang bulan suci Ramadhan dan Sungai Pondok Bambu Sigiring- Giring Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) sangat takjub dengan keindah pemandangan di sepanjang alur sungai ini , lagi pula airnya bening," ujar Opung Pian

Sebagaimana diketahui, menyambut bulan suci Ramadhan, ada sebuah tradisi bagi masyarakat Sibolga - Tapteng yakni, berkunjung ke sungai untuk membersihkan diri. Kegiatan ini dilaksanakan sehari sebelum puasa Ramadhan.

Masyarakat bersama keluarga, kerabat dan juga sahabat, dengan gembira mandi di sungai mempergunakan 'air limo' sebagai simbol pembersihan diri. Dikarenakan mempergunakan air limo (limau) untuk pembersih badan, sehingga tradisi ini disebut dengan balimo-limo ataupun marpangir.

(Angel Nst/jmp)

© Copyright 2022 - JURNALIS MERAH PUTIH